Jumat, 29 Mei 2009

KOMUNIKASI VIRTUAL dan Manfaatya bagi Masyarakat Sosial

Pengertian Komunikasi Virtual
Komunikasi virtual adalah komunikasi dimana proses penyampaian dan penerimaan pesan dengan menggunakan ( melalui ) cyberspace / ruang maya yang bersifat interaktif.Komunikasi virtual ( virtual comunication ) tersebut yang dipahami sebagai reality sering disalahpahami sebagai “alam maya “ padahal keberadaan sistem elektronik itu sendiri adalah konkrit dimana komunikasi virtual sebenarnya dilakukan dengan cara representasi informasi digital yang bersifat diskrit.Ciri – ciri komunikasi bermedia internet pada proses penggunaannya dapat diuraikan sebagai berikut :

Aktivitas dan proses komunikasi bermedia internet meliputi :
a. Menciptakan pengertian dengan menulis ” surat ” melalui email, menuliskan kata – kata pada waktu yang sama dalam komunitas chatting, serta menciptakan websites melalui penciptaan file multi media.

b. Menyebarkan pengertian melalui komunikasi point to point ( email ) dan komunikasi point to multi point atau ( IRC, websites )

c. Merasakan arti dalam teks dan multi media pada websites, email dan IRC.d. Berpartisipasi dalam forum untuk berkomunikasi yang merupakan awal penjelajahan karakteristik komunitas seperti tujuan bersama, norma – norma dan tradisi.

Level dan konteks komunikasi bermedia internet.
Pada level individual, pengguna menggunakan internet tools untuk mencari dan menerima informasi serta berkomunikasi dengan pengguna lain. Elektronik mail adalah fasilitas yang paling banyak digunakan dalam level ini.Tingkatan diatasnya yaitu level group communication, electronic mail masih digunakan dalam bentuk listserver atau mailinglist serta pengguna IRC. Tingkatan komunikasi massa adalah fasilitas broadcast online yaitu websites identik dengan komunikasi dilevel ini.

Persfektif Lintas Budaya
Komunikasi menggunakan internet berdasarkan literaturnya terbagi menjadi tiga jenis komunikasi yaitu :a. Asynchronous communicationAsynchronous communication adalah komunikasi melalui media internet dengan pengirim dan penyampai pesan dalam berinteraksi tidak berada pada kedudukan tempat dan waktu yang sama, namun pesan tetap sampai pada tujuan / sasaran ( penerima ). b. Synchronous communicationSynchronous communication adalah komunikasi melaui internet dengan interaksi yang bersamaan waktunya.c. On Line Broadcast communication

On Line Broadcast communication adalah istilah komunikasi yang dilakukan melalui fasilitas web.


Perbedaan komunikasi bermedia internet dengan tipe komunikasi lainnya adalah komunikasi online bersifat tidak tetap dan sesaat serta fleksibel artinya secara mudah dapat berinteraksi dengan user lain pada waktu tertentu, kemudian pada lain waktu tidak pernah berhubungan lagi. Sedangkan tipe komunikasi selain online adalah memerlukan pertemuan dan kehadiran secara fisik, yang memungkinkan terjadinya perjumpaan.

Sebagai media komunikasi interaktif
Internet sebagai media interaktif memiliki terminologi karakter internet sebagai komunikasi interaktif mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :a. Orang yang terlibat dapat berinteraksi secara leluasa.b. Umpan balik bisa diketahui secara cepat atau sinkronis.c. Penyampaian pesan dilakukan secara verbal, tulisan, gambar, suara atau gabungan dari semua itu.d. Menggunakan media interaktif.

Membentuk kode komunikasi baru.
Pemakaian fasilitas dalam internet yang tidak melibatkan adanya perjumpaan maka unsur pesan non verbal baik secara fisik maupun ucapan tidak bisa diketahui. Untuk mengatasi hal tersebut muncul istilah emoticons atau smiley sebagai sarana pengganti pesan non verbal. Bagian – bagian dalam komunikasi virtual :1. EmailPengertian Email adalah suatu bentuk komunikasi yang paling menonjol dalam internet dengan memberi ruang kepada pengguna untuk berhubungan dengan siapa saja diseluruh dunia berasaskan asas nyata.Tiga jenis layanan email, yaitu :

a. POP Mail

Email jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda.” Kelebihannya”

Kemampuannya untuk dibaca secara Offline ( tidak connect ke internet )

“ Kekurangannya “Tidak bisa mengecek email anda dari sembarang tempat. b. Web based email

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, Bolehmail, Lovemail, dan lain – lain.

“ Kelebihannya “ Bisa mengecek email anda dari mana saja dan browser apa saja ” Kekurangannya ” Untuk mengecek email anda harus selalu terhubung ke internet. c. Email forwardingEmail ini akan merasa manfaatnya bagi anda yang belum menemukan layanan email yang cocok.” Kelebihannya ”Anda bisa menyembunyikan alamat email anda yang sesungguhnya.” Kekurangannya ”Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ketempat anda.

Chatting
Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita. Dengan chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika dikomputer kita ada alat yang disebut webcam.” Kelebiahannya ”Chatting dapat membuat kita mempunyai banyak kenalan meskipun orang yang kita ajak berkomunikasi berada jauh dari kita.” Kekurangan ”Kita dapat tertipu oleh orang – orang yang kita ajak berkomunikasi karena kadang mereka bukanlah orang yang sesungguhnya. 3. WebWeb adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain – lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext.” Kelebihannya ”a. Kita dapat memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudera dan benua. b. Tekhnologi yang digunakan adalah fail over hosting, tekhnologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena didukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan. ” Kekurangan ”Dapat terjadi kemungkinan adanya kesalahan dalam pembuatan web yang mengakibatkan web tidak dapat dibuka atau error.

Perbedaan Pengertian Komunitas virtual dengan komunitas dalam konteks sosiologi :
Komunitas Virtual
Kemajuan tekhnologi telah mengantarkan manusia untuk menciptakan bentuk baru dalam berinteraksi dan bersosialisasi. Yahoo, Messengger, IRC, MailingList, Online Forum, Weblog dan Friendster adalah contoh bagaimana manusia tetap berusaha berkumpul dan menjalin hubungan dan berbagi kesamaan dengan manusia – manusia lain. Sehingga komunitas virtual berlanjut dengan terbentuknya komunitas fisik alias terjadi pertempuran antar para anggotanya. Komunitas dalam berbagai bentuk ini telah terjadi kumpulan sekelompok orang dengan segmentasi tertentu dan biasanya terjadi proses pertukaran informasi yang cepat dengan adanya tekhnologi internet. Interaksi yang terjadi dalam komunitas virtual tidak terjadi secara langsung atau tida secara face to face karena komunikasi berada pada dunia maya.


Komunitas dalam konteks Sosiologi
Komunitas dalam konteks sosiologi adalah manusia sebagai makhluk sosial sehingga manusia akan memerlukan suatu interaksi dengan manusia lain. Karena perlunya untuk berinteraksi maka terciptalah berbagai komunitas yang umumnya terbentuk karena adanya kesamaan antar anggotanya. Kesamaan itu berupa tempat tinggal, pekerjaan, minat, pendidikan dan lain – lain. Contohnya yaitu Komunitas yang dimulai dari sekitar kita seperti Rt, Fans club, kelompok pengajian, arisan dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar