DAMPAK DAN KONSEKUENSI PENGGUNAAN TEKNOLOGI (internet)
Teknologi itu seperti api.Seringnya menjadi kawan,tetapi kadang kala bisa juga menjadi lawan.Teknologi merupakan kawan karena memudahkan kita bekerja dan juga bersosialisasi. Akan tetapi,ketika teknologi mulai mengusik privasi manusia dan melanggar norma-norma kepatutan sosial,teknologi pun mulai menjadi lawan.Telepon genggam, misalnya, sebagai salah satu teknologi yang paling cepat perkembangannya ,baik dalam hal teknologinya sendiri maupun dalam hal jumlah penggunanya, mempunyai dampak sosial yang negatif yang makin lama makin memprihatinkan.
Sekarang, sungguh sulit menikmati tontonan di bioskop tanpa diganggu bunyi dering Hp.Dulu,jika ada dua atau tiga orang mengobrol dan berisik selama pertunjukan bioskop, kelompok orang tersebut sangat mungkin akan ditegur oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.Tetapi,siapa yang pernah menegur orang yang Hpnya berbunyi selama pertunjukan bioskop?Jika kita nekat menegur,salah-salah kita yang dianggap rewel, bawel, dan sok benar sendiri.Padahal, jangkauan bunyi Hp lebih luas dari sekadar suara obrolan dua tiga orang.Gangguan ini tentu saja dapat dengan mudah dieliminasi apabila kita sebagai pengguna Hp mawas diri dan menyadari bahwa di beberapa tempat, seperti tempat ibadah, rumah sakit, dan bioskop, lebih sopan jika kita mematikan pesawat telepon genggam kita atau mengaturnya menjadi silent mode.
SAAT ini telah dikenal istilah bluejacking dan toothing. Bluejacking adalah tindakan mengirimkan pesan singkat (SMS) ke Hp atau peranti lain yang mempunyai kemampuan Bluetooth yang ada dalam jangkauan sinyal Bluetooth piranti pengirim tanpa menyertakan nomor identitas kartu seluler pengirim.Apabila SMS yang dikirim ini berbau seksual, tindakan ini disebut toothing.Karena Bluetooth merupakan teknologi wireless device,si pengirim dapat mengirimkan SMS tanpa perlu mengetahui nomor tujuan.Semua pesan yang dikirim dalam aktivitas bluejacking dan toothing ini merupakan unsolicited message (pesan yang tidak diingini) dan oleh sebab itu bluejacking dan toothing masuk dalam kategori gangguan yang sama dengan spam yang memenuhi e-mail kita.
Kemajuan yang dicapai built-in camera pada telepon genggam juga menimbulkan dampak sosial yang serius.Di Amerika Serikat,Hp berkamera telah secara resmi dilarang untuk diaktifkan di ruang ganti dan kolam renang karena alasan-alasan yang tentunya dapat kita bayangkan sendiri. Departemen Pertahanan AS juga mulai melarang dibawanya Hp berkamera ke dalam penjara dan ruang tahanan untuk menghindari terulangnya kembali peristiwa foto tak senonoh tawanan perang Irak.
Di Jepang, selain disalahgunakan untuk memotret pada ruang ganti pakaian,Hp berkamera malahan juga digunakan untuk memotret gambar-gambar pada majalah-majalah laris. Dengan kualitas megapiksel yang ditawarkan oleh kamera Hp paling mutakhir saat ini, gambar-gambar yang dihasilkan sangatlah bagus.Jika Hp dilengkapi dengan Bluetooth dan atau inframerah, penggunanya bisa mengirimkan gambar-gambar tersebut kepada teman yang lain.
Alhasil,Hp berkamera megapiksel sangat potensial menyebabkan banyaknya pelanggaran hak cipta, terutama untuk screensaver, salah satu mobile content yang paling laku saat ini selain ringtones. Jika tadinya harus membayar royalti untuk men-download screensaver Disney atau Hello Kitty yang sangat populer di Jepang, sekarang remaja Jepang dengan mudah bisa memotret gambar Disney atau Hello Kitty yang diinginkan dengan telepon genggam berkamera megapiksel dan menjadikannya screensaver dengan kualitas gambar yang setara dengan gambar yang didistribusikan secara legal oleh content provider.
Satu-satunya tempat yang masih dirasakan bebas dari gangguan suara Hp adalah pesawat yang sedang mengudara.Sebagian besar penumpang mematikan Hpnya sesaat sebelum pesawat mengudara sesuai anjuran awak kabin. Akan tetapi, hal ini pun akan segera berubah.
Sebuah konsorsium Eropa yang menamakan diri Wireless Cabin dan beranggotakan antara lain Inmarsat, Siemens, Ericsson, dan Airbus telah berhasil menciptakan picocell berdaya rendah untuk kabin pesawat yang mampu me-relay sinyal digital ke satelit untuk kemudian diteruskan ke menara telekomunikasi yang ada di tanah.Lufthansa memanfaatkan teknologi ini untuk menyediakan layanan wireless internet di kabin pesawat berbadan lebarnya.
Apabila picocell akhirnya benar-benar dimanfaatkan untuk memberikan layanan komunikasi suara dalam kabin pesawat yang sedang terbang, lenyaplah ruang publik terakhir yang menjadi sanctuary kita dari suara-suara Hp.
Menurut EMC World Cellular, jumlah pelanggan seluler atau nomor kartu seluler yang terjual di seluruh dunia sudah mencapai 1,5 miliar pada bulan Juni 2004 dan diprediksi akan mencapai 2 miliar pelanggan pada bulan Juli 2006.
Adapun menurut Gartner Research Inc, penjualan telepon genggam baru di seluruh dunia pada kuartal pertama tahun 2004 saja mencapai 153 juta dan diperkirakan mencapai 620 juta selama tahun 2004 ini. Ini berarti terjadi kenaikan 20 persen dibandingkan dengan penjualan telepon genggam tahun 2003 yang mencatat sebanyak 520 juta. Data-data ini menunjukkan bahwa populasi manusia yang menggunakan telepon genggam akan terus semakin banyak.
Melihat fakta-fakta ini, NTT DoCoMo sampai merasa perlu mendirikan Mobile Society Research Institute dengan tugas utama menganalisis pengaruh dan dampak telepon genggam dari berbagai sudut pandang, mulai dari budaya dan hukum sampai infrastruktur bisnis dan sosial. Walaupun Indonesia belum (perlu) mempunyai think tank semacam ini, kita bisa secara individu mulai membenahi diri kita dan menanamkan budaya baru penggunaan telepon genggam sehingga teknologi bisa benar-benar kita manfaatkan sebagai kawan dan bukannya sebagai lawan.
Kemunculan teknologi komputer pun sesungguhnya memberi pengaruh positif dan negatif.Pengaruhnya terhadap anak-anak,Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan,tanpa bimbingan dari orang tua, pengaruhnya bisa jadi negatif.Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.
Banyak manfaat dapat diambil dari penggunaan komputer, namun tak sedikit pula efek negatif yang bisa ditimbulkannya.Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya.Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak-anak semakin suka.
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak-anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak-anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak-anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya,anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Namun,efek negatif penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan.Salah satunya adalah dari kemungkinan anak,kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresifitas.Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
Pengaruh negatif lain,adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet.Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak.Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.
Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.Saat tengah berselancar di internet,para pengguna internet sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks.
Meski demikian,mengajarkan internet bagi anak,di zaman sekarang merupakan hal penting.Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.
Pertama:
Orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain.Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet. Karena itu,orangtua terlebih dahulu harus ‘melek’ media dan tidak gaptek.Sayangnya, seringkali anaknya sudah terlalu canggih,sementara orangtuanya tidak tahu apa-apa.Tidak tahu bagaimana membuka internet,juga tidak tahu apa-apa soal games yang suka dimainkan anak.Nanti ketika ada akibat buruknya, orangtua baru menyesal.
Kedua:
Gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.
Ketiga:
Letakkan komputer di ruang publik rumah,seperti perpustakaan, ruang keluarga,dan bukan di dalam kamar anak.Meletakkan komputer di dalam kamar anak akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan.Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau menggunakan games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci.Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggota keluarga yang lalu lalang.
Pengaruh negatif lain bagi anak,adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya,orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer.
Tetapi pada akhirnya,Hal ini memang sangat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer.
Konsekuensi Terhadap Penggunaan Teknologi
Pada awal kemunculan teknologi di dunia ini,konsekuensi yang harus di terima oleh manusia adalah Teknologi memperbudak umat manusia.Teknologi yang semakin pesat berkembang seiring dengan bergulirnya waktu,membuat manusia harus mengikuti perkembangan teknologi.
Manusia telah menyadari konsekuensi ini dari awal kemunculan teknologi.Tetapi,manusia tetap men”Tuhan”kan teknologi,Karena manusia sangat butuh akan teknologi.Sehingga,dampak yang terjadi adalah teknologi bisa memberikan keuntungan dan kemudahan dalam kehidupan manusia,namun juga bisa menyebabkan kerugian dari teknologi yang di ciptakan oleh manusia sendiri.
Sebagai contoh,Dulu,tenaga kerja yang di butuhkan di setiap pabrik sangatlah banyak.Sekarang,setelah teknologi robot dan mesin yang semakin canggih,peran manusia sudah mulai di gantikan oleh mesin dan robot-robot tersebut.Sehingga,lapangan kerja yang tadinya sangat banyak,sekarang semakin minim karena tenaga kerja manusia sudah tidak di butuhkan lagi.
Kemajuan teknologi dalam segi militer.Teknolgi yang berkembang dalam militer salah satunya teknologi senjata nuklir.Teknologi ini jika di gunakan akan sangat berbahaya bagi peradaban umat manusia.Sebagai contoh Bom Atom yang di jatuhkan oleh Amerika Serikat terhadap jepang,yang sampai saat ini efek atau radiasi dari bom Atom tersebut belum hilang seratus persen,Apalagi menggunakan senjata nuklir yang kekuatannya lebih dari Bom atom.
Tetapi pada akhirnya,separah dan serugi apapun konsekuensi yang harus di terima oleh manusia dari teknologi,manusia tetap dan akan selalu menggunakan teknologi.Karena tanpa teknologi,manusia tidak akan bisa hidup.
Jumat, 29 Mei 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar